Rabu, 25 Maret 2015

Sisilainman Senyuman



Senyuman itu menyejukkan. Cara kerjanya mirip seperti doa. Itulah ekspresi kebahagiaan atau haru mendalam dari hati yang memanjat keluar lewat bibir. Sumringah mulai menjamah ke setiap jengkal wajah. Kadang kala air mata itu merangkak keluar menjadi pelengkap keyakinan akan bahagianya hati.
Tanpa kata. Tanpa suara. Segala kebaikan doa terpanjatkan kepada yang diberi senyuman. Tulus dan ikhlas. Bahkan, doa dengan basahan air mata tak mampu menandingi kemustajaban doa dengan senyuman. Karena senyuman tak membawa embel-embel ingin didengar ataupun dibalas. Senyuman adalah keikhlasan tingkat tinggi yang dianugrahkan Tuhan kepada setiap insan manusia. Ialah perbuatan yang tak bisa dibuat-buat. Karena ia adalah anugrah Maha Agung. Yang setiap orang ingin bisa melakukannya ataupun ingin mendapatkannya. Terutama dari yang dicintainya.
-------

Apalah yang dinanti dari setiap kerinduan? Apa yang selalu digali dalam setiap kecantikan? Ya, hanya satu itu. Senyuman.
Ndak asyikan, bila kita sedang merindu kepada seseorang, namun saat bertatap muka tidak ada secuilpun senyuman yang nampak. Beuh, itu seperti orang yang dipanggil oleh bosnya berharap ada kenaikan gaji, tapi malah dapat omelan mencekik hati.
Sungguh sangat bajindul akward pula, saat bersanding dengan cewek nan cantik rupawan. Tatapannya yang mampu mematahkan kolor nyali para jomblo cowok, namun wajah kembang kacang yang ditampakkannya. Bah, bah, bah, itu nelongso nemen dah!
“Oh bukanlah, cantikmu yang kucari
Bukanlah, itu yang aku nanti
Tetapi ketulusan hati yang abadi
Kutahu Mawar tak seindah dirimu
Awan tak seteduh tatapanmu
Tetapi kau tahu yang kutunggu hanyalah senyumanmu
------
Well, sama-sama mengeluarkan energi. Entah itu senyum ataupun murung, bukankah lebih enak kalo digunakan energi itu untuk senyum saja. Toh, saat kita senyum pasti berbalas senyum juga, rejeki lancar, dan yang paling bikin ati nyess itu, senyum bisa bikin awet muda! Serius! Ndak percaya?
Coba saja.
Perlu diketahui juga, dibandingkan dengan menguap atau dalam bahasa jawanya disebut angop. Ternyata senyuman lebih cepat dalam hal mempengaruhi seseorang untuk mengikuti senyum juga.
-----------------
Senyuman merupakan obat mujarab untuk mengademkan suasana. Saat suasana tegang memanas, bagai dikurung dalam lingkaran api. Saat itulah buang gengsi anda untuk memulai menyodorkan senyuman pertama kali. Senyuman akan meberi efek untuk berutut lembut dan baik. Secara tidak sadar, anda telah menyetop dosa lain yang akan tumbuh saat suasana seperti itu.
Contoh lain.
Ada temanmu habis di-PHP, pastilah ia akan mendelik padamu bila kamu macak bijak bestari di hadapannya dengan berkata, “Semuanya akan indah pada waktunya.” Ya iyalah, mana bisa hatinya yang sedang kroak dan mulut berhasyu-hasyu begitu lugas menerima kalimat arifmu itu.
Mulailah dulu dengan senyuman manis. Sekakan-akan gula 10 kilo dimulutmu. Lalu bertuturlah dengan menyelipkan isyarat-isyarat, jangan langsung menghunjam ke duduk perkaranya. Sadari betul bahwa kalimat bijak bestari itu tidak akan berhasil kepada jiwa yang sedang digodog oleh bermacam masalah beroooo.
Orang jomblo ya tahunya ingin segera melepas pangkat kejombloannya saja. Hanya itu! Ingin normal layaknya remaja-remaja sebayanya; ya malmingan, nongki, cekakak-cekikik, traveling, dan ada kawan curhat yang selalu hadir untuknya. Bukannya pura-pura menjadikan Dek Tia yang masih kelas empat SD sebagai kekasihnya.
Mbahas apaan nih!
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar